Monumen Gapensi di Pandaan

klik untuk memperbesar gambar

DJOKO KIRMANTO Menteri Pekerjaan Umum meresmikan monumen Gapensi (Gabungan Pelaksana Konstruksi Seluruh Indonesia) di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur bertepatan dengan penyelenggaraan Munas Khusus Gapensi.

“Gapensi harus bisa melaksanaan pembinaan kepada anggotanya dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan dalam pasar konstruksi,” kata DJOKO KIRMANTO Menteri PU di Jakarta, Senin (11/01), seperti dilansir Antara.

Pembangunan monumen, kata Menteri PU, seharusnya mencerminkan kiprah Gapensi yang sudah berusia 51 tahun dalam mewujudkan karya konstruksi yang mandiri dan berwawasan lingkungan, jelasnya. Menteri PU mengatakan, sektor konstruksi yang memberi kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi, terbukti pada tahun 2009 sumbangan terhadap PDB Nasional mencapai 9,6 persen naik dibanding tahun 2008 9,6 persen. Terkait dengan daya saing, Menteri PU mengimbau, agar asosiasi di bidang konstruksi dapat secara mandiri mengembangkan kemampuan dan kompetensi anggota sebagai spesialis dan menjalin kerjasama di dalamnya. Menteri juga berpesan agar menciptakan iklim persaingan yang sehat serta meningkatkan pemahaman dan kepatuhan terhadap peraturan dan perundangan jasa konstruksi.

Peresmian monumen pada tanggal 11 Januari lalu ini dihadiri lebih dari 500 tamu undangan termasuk Gubernur Jawa Timur serta pejabat di daerah. Monumen dibangun dengan biaya Rp900 juta yang designnya dibuat melalui lomba yang diselenggarakan di kalangan Dewan Pimpinan Daerah yang dimenangkan DKI Jakarta. Monumen berbentuk G bolak balik menunjukkan huruf depan Gapensi, sengaja dibangun di Pandaan karena lokasi itu memiliki nilai historis.
(diambil dari suarasurabaya.net)

Monumen ini berdiri berdampingan dengan Taman Monumen AMPI di depan pintu gerbang Candra Wilwatikta di Pandaan.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: