Pabrik Gitar di Pandaan??


“Dewa Bujana, Balawan, Tohpati, dan gitaris – gitaris Indonesia lain termasuk dari sekian banyak pemesan gitar di Pabrik ini.” tutur Pak Kasno yang bertugas menjaga sekaligus pegawai di pabrik yg bertempat di Jl Dr. Soetomo – Sukun, Pandaan. Tempat ini dulunya adalah pabrik produksi mebel yang berganti menjadi tempat pembuatan gitar pesanan sekitar tahun 2007 – 2008.  Terlihat jelas jika kita melewati jalur pandaan – tretes. tapi, apakah anda semua tahu tentang hal ini?

Stephallen, demikian Bapak Julius Salaka selaku pemilik sekaligus tenaga ahli dalam produksi gitar eksklusif ini menamai produk buatannya. Sungguh istimewa saat nama itu diambil dari nama kedua anak Pak Julius sendiri, yaitu Stephen dan Allen. Begitulah cerita yang kami dapat dari Pak Kasno, kemarin (minggu), kami hanya mendapat informasi dari Pak Kasno dikarenakan pabrik tutup untuk hari minggu, pembuatan hanya berjalan dari hari senin sampai sabtu, jam 8 pagi hingga 4 sore saja, selepas itu pak Kasno lah yang menjaga pabrik.

Produksi Stephallen sendiri tidak memiliki target, Pak Julius sementara ini hanya membuat gitar pesanan, karna mengutamakan kualitas produk, jadi tidak semata – mata memproduksi banyak unit. Arah pemasaran terbesar ditujukan ke Jakarta dan surabaya, beberapa juga dikirim ke mancanegara sesuai dengan permintaan. pemesanan bisa lewat internet dan lain lain, dan untuk pesan langsung ke Pabrik di Sukun juga bisa.

“Harga patokan standart itu Rp.3.650.000 untuk yg datang sendiri kesini untuk pesan gitar, tp itu juga tergantung jenis gitarnya, beberapa produk ada yang hingga belasan juta rupiah.” tambah Pak Kasno yang mengajak kami masuk kedalam pabrik sembari memperlihatkan beberapa gitar yg sudah siap dikirim. dan beberapa diantaranya adalah pesanan oleh gitaris – gitaris terkenal di Indonesia, seperti The Virgin, Team lo, dan gitaris lain termasuk yang kami tulis diatas.

Kabar terbaru yang diberitakan kepada kami, bahwa pabrik akan dipindah tempatkan ke Jl. Bypass. karna yang ditempati sekarang statusnya kontrak, dan mungkin akan dipindah mulai tahun depan.

Untuk artikel tentang Bapak Julius bisa dilihat di http://hurek.blogspot.com/2006/06/joel-salaka-empu-gitar.html


  1. kalau mau mesan gitar nya, kyak apa cara nya ???

    • Wendy
    • Mei 23rd, 2012

    Kalau saya ikut bekerja disini boleh tidak?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: