Makam Sepanjang 3 Meter

Pada desa Sumbergedang Pandaan, lebih tepatnya dusun tengger, tedapat sebuah makam yang telah ada mulai dari saat dusun ini hanya berupa hutan liar tanpa penghuni. “Makam 3 m x 45 cm ini adalah tempat beristirahatnya Mbah Buyut Baung yaitu seseorang yang pertama menghuni sekaligus menjadikan alas tengger menjadi sebuah dusun kecil,” begitu informasi yang kami peroleh dari Bapak Ali Sukadi, dia adalah warga dusun yang saat ini juga ikut membantu bersama warga merawat makam tersebut. Sedangkan 2 makam kecil disisi makam yang panjang itu adalah santri dari Mbah Buyut Baung sendiri.

“Makam sepanjang 3 meter ini tidak hanya tempat terbaringnya jasad Mbah Buyut Baung, tetapi kurang lebih seperempatnya adalah tempat dikuburnya senjata dan peralatan Mbah Buyut Baung yang disebut Gaman,” tambahnya. Menurut keterangan Bapak Ali Sukadi, bahwa yang selama ini mengurus makam termasuk perawatannya adalah warga dusun tengger sendiri, yaitu pagar kecil yang mengeilingi dan kini mulai dibangun masjid yang tepat berdampingan dengan makam tersebut, selama ini pula belum ada sentuhan oleh Dinas Pemerintahan tentang membudidayakan tempat bersejarah akan tempat ini.

Kebanyakan pengunjung yang datang adalah warga lokal sendiri, cuma beberapa waku yang lalu, pernah datang Gita, yaitu warga Garut – Jawa Barat, yang sekarang menjadi public figure dari kontes musik di salah satu layar kaca. Ia adalah salah satu orang yang datang dengan tujuan mendapatkan kesembuhan dari suatu penyakit, dan alasan ini diambil dikarenakan Gita sendiri mendapat ilham dari mimpinya untuk datang ke makam ini. Ia juga melakukan hal yang sama setelah beberapa bulan berikutnya menjelang untuk mengikuti kontes yang membesarkan namanya, kepada makam, ia menyumbangkan beberapa rezeki berupa pembangunan alas keramik diarea makam.

Beberapa kabar dari warga lain menganggap bahwa ini adalah makam Joko Sambang, yang memang pernah hilang bersama kudanya didaerah ini dan tak pernah lagi terlihat wujudnya. Tapi memang belum ada keterangan yang pasti akan hal itu.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: